1 Jun 2013

Sinopsis : Film Hanya Kerudung Sampah




Genre Drama Produksi bedasinema pictures 2013  Release  29 September 2013 Durasi 50 menit Produser Suwandi Basyir Sutradara  Humar Hadi  Penulis Skenario Rizal Rais, Humar Hadi  Pemain RN. Azizah M, Abie Jie Assegaf, Bismo Satrio, Mikoyanoferdi, Rena Yessyca, Andre M Addin, Virliyanti Putri  Director Of Photography Koharo  Editor Irsan Bagaz Doank  Original Soundtrack “Hanya Kerudung Sampah” by Mega, “Diamku” by Inikamie Band  Follow Twitter @bedasinema


Kisah di awali oleh seorang mahasiswi bernama Salma (RN. Azizah M) yang tinggal di sebuah kos-kosan di Jakarta. Salma adalah mahasiswi sastra prancis yang sangat prinsipil, termasuk busana yang dikenakan hingga teman pergaulannya. Salma sangat tegas dengan apapun yang menurutnya itu menyimpang dari apa yang ia pahami. Hingga suatu malam dia dipertemukan dengan dua orang waria yang ingin mendekatinya. Merasa tidak nyaman dan takut, dia menjauh dan melemparkan tatapan sinis. Tidak berhenti di situ, sang waria melabraknya dengan cibiran pedas.

Entah kenapa, peristiwa singkat itu membekas dalam ingatan Salma, terlebih ketika dia menemukan sebuah diary usang di kamar kos-nya, penghuni sekian tahun silam yang dulu menyewa kamarnya. Buku diary itu diberi judul oleh pemiliknya “Catatan persahabatan kami ; aku, waria, dan mantan pecandu merindu Tuhan” Ketika Salma membuka lembar demi lembar catatan itu, di sanalah dia menemukan sesuatu yang membuat hatinya tersentak.

Diulas ke-10 tahun silam, ketika peristiwa dalam diary itu terjadi. Ada tiga sahabat dalam catatan itu : Pingkan (Bismo Satrio), waria yang menjual seks demi membiayai kehidupan keluarganya di kampung; Rio (Abie Jie Assegaff), mantan pecandu narkoba dan pengidap positif HIV yang tidak diterima keluarganya; dan Bayu (Mikoyanoferdi), pecinta sesama jenis. Ketiganya disatukan karena latar belakang keabnormalan tersebut. Namun, konflik batinlah yang menuntun mereka berusaha mencari jalan keluar menuju “kenormalannya”. Pada akhirnya, masing-masing karakter bertanya pada diri masing-masing. Apakah profesi waria dibenarkan sekalipun itu untuk menyambung hidup? Tidakkah lebih indah jika seorang lelaki mencintai wanita, bukan lelaki sesama lelaki? Harus diakui bahwa seburuk apapun pilihan hidup yang ditempuh, setiap insan mendambakan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Salma terperangah, ketika ia bertemu dengan tamu misterius yang membuatnya makin tersentak hebat.

Film ini bukanlah pembenaran tentang hakekat waria, sekalipun segala karakter yang melibatkannya identik dengan dunia waria: penjual seks, cinta sesama jenis dan HIV. Justru ini adalah portrait bahwa hal semacam ini ada dan hidup di masyarakat. Sutradara mengambilnya sebagai latar dan menuntun agar penonton berharap ending cerita tersebut menempatkan tiap orang pada fitrah-Nya, sekaligus pertanyaan balik kepada penonton, benarkah kerudung yang dikenakan sekarang sudah mencerminkan nilai-nilai Islami?

Jika Anda masih penasaran klik official trailer film #HKS http://youtu.be/xFUzpaAdpTI, dan tunggu saja saat launching filmnya 29 September 2013 nanti.(DG KARIM).

7 komentar:

  1. saya orang bandung, filmnya bisa ditonton dimana ya? hehe :D

    BalasHapus
  2. bikin vcd nya donk baang, ane pesan paling pertama...

    BalasHapus
  3. full movienya sudah ada belum ya ?

    BalasHapus
  4. ke Jatinangor aja yuk 24 november ada di Fk nangor

    BalasHapus